Pages

Burung Raja Mitos

Sumber foto: amazine

Mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos juga mengisahkan  petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka dan sebagainya.

Mengapa Mitos di Percaya? Sebab masyarakat beranggapan mitos sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat tradisional yang masih sangat kental budaya kedaerahannya. Mereka kebanyakan mengabaikan logika dan lebih mempercayai hal-hal yang sudah turun temurun dari nenek moyang. Pada dasarnya, mitos orang zaman dahulu memiliki tujuan yang baik untuk kelangsungan hidup keturunannya. Akan tetapi tergantung kita mau percaya atau tidak dengan mitos. Ada sebagian masyarakat yang mempercayai mitos tersebut, ada juga masyarakat yang tidak mempercayainya. Jika mitos tersebut terbukti kebenarannya, maka masyarakat yang mempercayainya merasa untung. Tetapi jika mitos tersebut belum terbukti kebenarannya, maka masyarakat bisa dirugikan.

Sumber foto: intisari-online

Mengapa burung Hantu disebut dengan burung raja mitos?
Ketika burung hantu bersuara dimalam hari, itu sebagai pemberi tanda (firasat) buruk termasuk kematian. Bahkan banyak yang beranggapan burung hantu merupakan penjelmaan hantu atau binatang peliharaan hantu. Mitos ini semakin mengukuhkan nama burung ini sebagai burung hantu. Benar, itu sangat dipercaya khususnya di Daerah saya. Memang serem dan membuat bulu kuduk merinding ketika mendengar suaranya. Pada dasarnya sudah jelas mempunyai nama yang seram, muka yang mengerikan, mata yang menakutkan, aktifitasnya pun dilakukan di malam hari. "horor banget deh". Karenanya berbagai mitos dan kepercayaan mistis sering disandangkan pada burung hantu ini.

Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri pun berbagai mitos mistik selalu menyertai keberadaan burung hantu. Rata-rata mitos tersebut berbau hal-hal menakutkan dan menyeramkan. Meskipun di beberapa negara justru mempunyai mitos yang sebaliknya, sebagai penolong dan sumber kebijaksanaan.

Beberapa mitos yang sering saya dengar berkaitan burung hantu di antaranya adalah:

  1. Pertanda ada hantu. Saat terdengar suara burung hantu banyak yang percaya bahwa sedang muncul penampakan hantu.
  2. Suara burung hantu sedang memanggil roh. Menurut mitos ini jika ada orang yang menirukan suara burung hantu dan sang burung tidak segera menyahut berarti si orang tersebut akan segera meninggal.
  3. Pertanda ada orang hamil. Jika suara burung hantu terdengar, menurut mitos ini berarti di sekitar tempat itu tengah ada wanita yang mengandung (hamil).
  4. Mimpi bertemu burung hantu mempunyai mitos akan kehilanggan barang dengan paksa (dirampok).
Apabila anda juga termasuk orang yang mempercayai mitos diatas dan mempunyai mitos yang lain tentang burung hantu silahkan bisa berbagi dikotak komentar yang sudah saya sediakan. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Referensi: Maria Ulfa Blog! | Alamendah's Blog